NAMA : MILATI NURI MARDHATILLAH
NIM : 108554282
KELAS : PAP 10 B
ILMU KOMUNIKASI
11. Gambar skema komunikasi organisasi pendidikan. Menurut pemahaman anda dan jelaskan.
22. Jelaskan proses awal hingga akhir pada seorang MC.
J3. Jelaskan factor – factor komunikasi untuk memotivasi siswa dalam belajar mengajar.
S
Jawab
Sebuah sekolah akan mengadakan rapat pertemuan dengan orang tua siswa untuk membahas uang pembangunan sekolah. Kepala sekolah member tugas agar dikomunikasikan dengan orang tua siswa dengan cara memberi undangan rapat. Dengan proses pemberian undangan sebagai media komunikasi dengan pesan untuk pembahasan rapat uang sekolah. Setelah pesan disampaikan ada proses tertujunya objek komunikasi yaitu siswa dan wali murid. Setelah itu mendapat respon dari orang tua untuk menghadiri rapat dan mengeluarkan pendapat pembayaran uang sekolah. Lalu mendapat feedback untuk pembayaran uang sekolah dari orang tua melalui siswa ke sokolah.
2. Proses MC
a. Penguasaan Acara
Penguasaan acara merupakan kunci keberhasilan MC. Artinya MC harus mengetahui acara yang baku menurut pakem. Sehingga kalau (1) kalau diundang rapat dapat
menjelaskan secara rinci, gamblang, serta praktis, (2) tidak akan mudah terombangambingkan oleh pendapat (orang lain atau panitia), (3) menyampaikan acara secara urut dan runtut.
b. Rona Bahasa Dan Sastra
Bahasa dan sastra juga merupakan unsur utama bagi MC. Bahasa yang tertata runtut,
diiring dengan susastra (rona bahasa dan sastra) dapat memikat dan mengikat para hadirin.
c. Persiapan mental
Menyiapakan diri untuk percaya diri didepan audience.
d. Anggun, Ramah, Dan Sopan
Anggun artinya enak dipandang dan senantiasa mempesona hingga mata tak kan beralih pandang. Agar enak dipandang cara berbusana dan bersikap harus dijaga sesuai dengan tuntutan dan situasi acara. Ramah artinya senyum, salam, dan sapa (3S). Senyuman merupakan daya pikat dalam bergaul. Sopan, terutama pada perilaku. Sikap menghormati dan menghargai senantiasa dijaga,dalam berbicara, berdiri, duduk, berjalan, dsb.
e. Saat Acara
Acara harus sesuai dengan penguasaan tema acara dan tersusun urut.
f. Saat selesai acara
MC yang peduli akan penampilan, harus mengevaluasi kembali apa yang kurang dan lebihnya untuk segera diperbaiki.
3. Faktor – faktor memotivasi siswa
a. Memberi pujian atas pekerjaan yang telah diselesaikan siswa.
b. Memberi penilaian atas pekerjaannya.
c. Memberi dorongan untuk semakin maju dalam perkembangan belajarnya.
d. Memberi evaluasi terhadap tingkah laku, tugas, dan sikap siswa.
e. Memberi perhatian kepada siswa yang kurang aktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar